Mengatasi Sembelit dan Bau Mulut Dengan Buah-buahan

Posted: April 9, 2012 in Uncategorized


 

“Kenapa ya?, nafas saya baunya kurang sedap. Sampai-sampai , semua teman enggan duduk berdekatan……,” keluh seorang mahasiswi “ Padahal saya sudah memakai pasta gigi yang seharum bunga,” tambahnya.

 

Dari tanya jawab dan pemeriksaan , tak ada kesan bahwa mahasiswi ini mengidap suatu penyakit. Giginyapun seindah mutiara, tak ada yang rusak. Hanya wajahnya yang tampak kurang cerah.

 

Setelah ditanya ternyata sudah 4 hari tidak buang air besar. Akhirnya terungkaplah, bahwa nafas sang nona manis yang biasanya seharum bunga dan kini berbau busuk itu disebabkan oleh sembleit yang dideritanya ia sudah 4 hari tidak buang air besar.

 

Karena apa ?? karena ampas yang baunya luar biasa itu bisa lari kerongga mulut karena mengguap. Disamping bau mulut yang busuk, feses yang dibiarkan berlama- lama dibiarkan berlama – lama didalam perut akan menjadi padat dan keras, sebab kandungan airnya semakin berkurang . Akibatnya “ dia “ mirip yang keras dan kasar. Padahal selaput lendir dubur itu sangat halus sehingga feses yang keras dan kasar itu dapat melukai dinding dubur sampai berdarah….gimana kebayang tidak betapa sakitnya….

 

Sembelit memang sering menimbulkan kesulitan. Orang yang sering sembelit tentu merasa iri kepada mereka yang dengan teratur pergi kebelakang. Banyak yang mudah membuang kotoran kapan saja mau. Ada yang bahkan terlalu peka , salah makan sedikit sudah mencret-mencret.

 

Mereka yang sudah terbiasa rasanya seperti masih punya hutang kalau belum menunaikan tugasnya “ alias nongkrong disklosed setiap pagi”. Ada pula yang membiasakan dua kali sehari, pagi dan sore paling praktis adalah sekali sehari pada pagi hari.

 

Kecuali menyangkut soal kebiasaan , ternyata pola makanan dan aktivitas fisik sehari – hari ikut mempengaruhi . itu lah sebabnya sembelit seringkali diderita oleh orang – orang tertentu saja.

 

Buah – buahan

 

 

Cara yang paling baik dan mudah untuk mengatasi sembelit, adalah mengatur makanan kita sehari – hari . Buah – buahan . dan sayur – sayuran dapt membantu mengatasi sembelit . tapi jangan buah salak dan buah jambu biji karena akan memperberat sembelit. Pepaya , pisang , dan jeruk dapat dipilih.

 

Kebiasaan makan buah – buahan sehabis makan , sering diabaikan . sehingga sembelit bukan saja menyerang mereka yang “ berbakat “ sukra buang air besar , tetapi juga mereka yang biasanya “lancar” . sayur – sayuran juga harus dimasukkan dalam daftar menu setiap hari . Keduanya mengandung serat yang membantu memperlancar buang air besar.

 

Namun itu semua tidaklah lebih penting dibandingkan tekad untuk mengubah kebiasaan hidup sehari hari beberapa saran diatas tiada artinya bila hanya dilakukan kadang – kadang saja . jika berhasil mengubahnya maka sembelitpun akan mudah diatasi hanya dengan makan buah – buahan , sayur – sayuran , minum air putih , dan gerak badan setiap hari

Tipz cara mengatasi sembelit

Bete bukan kalau  datang namanya sembelit,dan saran yang mesti dianjurkan adalahi minum air yang banyak.Cara ini memang sangat mudah dinalar,disebabkan cairan di dalam saluran pencernaan  kurang maka kotoran menjadi keras dan lebih padat dan pastinya menglami rasa capek bila hal itu terjadi.Baru-baru ini penelitian medis membuktikan banyak hal secara ilmiah,maka dari itu terbukti tidak pemikiran tersebut jadi kenyataan?

Salah satu peneliti dari Mexico Robert D.Lindenman Di University of new Mexico,Albuquerque ternyata membuktikan bahwa asupan cairan tidak berkorelasi dengan terjadinya sembelit kronik.Penelitian itu dilakukan oleh 900 lebih sukarelawan  lansia ditemukan bahwa kurangnya minum ternyata bukanlah faktor utama dalam terjadinya sembelit,sebagaimana yang diyakini sebelumnya.

Kenyataannya bahwa sembelit tidak dapat diatasi hanya dengan menambah berbagai asupan cairan ini ternyata juga ditemukan oleh berbagai penelitian lainnya.Untuk meluruskan anggapan yang salah yang telah terjadi selama ini,beberapa pakar dan profesor stefan A muller_lissener dari Humblotd University ,berlin mengulas berbagai mitos dan kesalahpahaman terhadap sembelit ini di ungkapkan dalam the American Journal Of  Gastroenterology tahun 2005  yang lalu.Dia menegaskan” Data ilmiah membuktikan Konsistensi kotoran tidak dapat dimanipulasi dengan meningkatkan asupan cairan.Juga disimpulkan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa peningkatan asupan cairan dapat mengatasi masalah soal sembelit”

Berikut ini adalah tips-tips mudah untuk mengatasi sembelit:

  • Dalam kondisi apapun pastikan Tubuh anda tidak dalam kondisi dehidrasi.Untuk itu anda harus mengenali keadaan tubuh saat dihidrasi.Dehidrasi adalah berkurangnya frekuensi berkemih dan warna urin yang lebih gelap dari biasanya.
  • Ketika tubuh anda sudah mengalami kondisi dehidrasi  atau tanda-tanda dehidrasi,Hal termudah dan tindakan yang tepat dilakukan adalah segeralah menambah cairan secukupnya sesuai kemampuan.
  • Setelah dirasa kondisi tubuh dirasa sudah tidak mengalami dehidrasi,janganlah mencoba untuk memaksakan minum secara berlebihan lagi.Karena juga mengakibatkan ketidak nyamanan pada perut anda atau bisa-bisa timbul rasa sakit dipeut,cara ini dirasa tidak efektif dan efisien untuk mengatasi masalah sembelit.
  • Gunkan produk-produk Laksatif/pencahar yang terbukti efektif dan dapat diperoleh dengan mudah di Apotik dan di Toko obat terdekat.Jika obat-oabt itu tidak bisa mengatasi masalah anda,Sebaiknya anda pergi ke dokter untuk memastikan tidak ada kelainan di dalam pencernaan tubuh anda.

Semoga Tips ini bisa membantu anda semua.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s